Last Project

Ini adalah tugas terakhir kami pada mata kuliah Psikologi Komunikasi yaitu penerapan media massa yang ditujukan untuk membangun generasi muda Indonesia. Setelah bertapa, berguru dan mencari ide, saya dan kelompok saya memutuskan membuat ini

Dari mana inspirasinya? Tentu dari teman-teman sekelas yang merupakan generasi muda saat ini. Kelihatannya simple, hanya sebuah banner tentang makanan sehat. Tapi ada inti pesan yang sangat penting kami sampaikan melalui banner tersebut. 
Berlatarbelakang dari pengetahuan kami tentang makanan yang dikonsumsi teman-teman yang kos sangatlah tidak sehat seperti mie instan, bakso kaki lima, dan makanan kaleng. Kenapa tidak sehat? dalam mie instan dan makanan kaleng tentu terdapat kandungan pengawet yang tidak baik untuk tubuh dan biasanya pada bumbunya terdapat kandungan vitsin yang tinggi sehingga banyak teman-teman kami yang sakit karena terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut. Bakso kaki lima juga tidak semuanya bersih dan sehat. Kita semua tau kalau dalam pembuatan bakso, kadar daging dan tepung kanji yang digunakan lebih banyak tepung kanjinya. Selain itu, makanan yang disajikan di pinggiran jalan tentu terkena kuman, virus dan bakteri yang bertebaran di udara tanpa kita ketahui sehingga tanpa kita sadari, orang yang mengkonsumsinya dalam keadaan tidak fit akan mudah sakit. Kalau sakit, tentu teman-teman sebagai generasi muda tidak dapat beraktivitas seperti biasanya terutama tidak dapat belajar dan mengembangkan bakat untuk membangun negri ini menjadi lebih baik.
Berangkat dari pemikiran tersebut kami membuat banner tersebut untuk mengingatkan generasi muda agar mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Makanan bergizi tidak harus mahal asal sehat dan seimbang antara daging, sayur, buah dan susu yang bernutrisi. Seperti kata pepatah "Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat". Sadar atau tidak, kondisi fisik seseorang akan memengaruhi kondisi psikologisnya sehingga kami ingin memengaruhi orang yang melihat banner tersebut supaya mau memperbaiki menu makanan yang dikonsumsi sehingga secara tidak langsung, kami juga memengaruhi kondisi fisiknya dan akan kembali berefek pada kondisi psikologis orang tersebut. 
Dari subjek yang kami gunakan adalah Yoga, yang kurus.. Sengaja memang karena kami tau pada pemikiran masyarakat luas, tubuh yang kurus biasanya kurang gizi :p Jadi sosok Yoga di situ untuk menekankan sasaran dari banner yang kami buat.
Arti timbangan yang menunjukkan angka 10 gram? ya tentu menekankan bahwa sosok Yoga di situ memang sangat kurang gizi.. (hanya perumpamaan)
Kenapa huruf 'H' dari kata Healthy dibuat sangat besar? Untuk menekankan pada ingatan setiap orang yang melihatnya that healthy is important. Jadi, setiap orang melihat huruf 'H' di mana saja, dia otomatis mengingat kata healthy.
Kenapa berlebihan? karena pada media massa, semua hal yang diiklankan dibuat hyper atau berlebihan untuk menarik perhatian publik dan mudah diingat.

Jadi, mau makan apa hari ini? :D

No comments:

Post a Comment