Unique Product on Mass Media

Sadar atau tidak, kehidupan kita sekarang selalu dipengaruhi oleh komunikasi massa entah itu dari media cetak seperti koran atau majalah ataupun dari media elektronik seperti TV, radio dan internet. Beragam media yang ada itu dapat kita akses dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Komunikasi massa juga  dibuat dengan unik agar menarik masyarakat untuk melihatnya. Lihatlah contoh di bawah ini.

Gambar 1. Mug Lensa


Gambar 2. Fruit Note

Apa yang anda pikirkan ketika melihat gambar pertama? Sangat unik ya, dan pasti ada beberapa dari anda yang ingin memilikinya. Lalu apa yang anda pikirkan ketika melihat gambar kedua? Itu bukan buah yang diiris-iris loh kawan. Itu note kertas yang dibentuk dan disatukan sedemikian rupa sehingga mirip dengan buah apel dan pear. Sangat kreatif bukan? Bentuk kemasan dan produk yang unik dan kreatif selalu menjadi andalan pengusaha dalam memasarkan produk yang dimilikinya terutama dalam komunikasi massa supaya khalayak luas mau memperhatikan pesan yang disampaikannya. Kenapa harus unik dan kreatif? Tentunya karena pada pasar global masa kini, sangat banyak orang yang memasarkan produk dan seringkali produk yang kita pasarkan juga dimiliki dan sedang dipasarkan oleh orang lain. Nah, supaya produk yang kita miliki lebih dilirik masyarakat, ide unik dan kreatif dalam mengemas dan memasarkan produk sering menjadi andalannya. 
Sadar atau tidak nih, produk yang dibuat unik itu ditujukan untuk memengaruhi psikologis masyarakat yang melihatnya. Bukan hanya supaya masyarakat tertarik untuk melihat melainkan supaya masyarakat tertarik untuk memiliki dan membelinya :D Seperti teori dari McLuhan yaitu teori perpanjangan alat indra, media merupakan perluasan dari alat indra manusia terutama mata dan telinga. Karena itu, seseroang yang berusaha memasarkan produknya, seringkali menggunakan gambar produk yang unik dan juga disertai suara yang unik pula supaya bisa menarik perhatian masyarakat. Kalau berbicara tentang pemasaran produk di komunikasi massa, tentu secara tidak langsung kita setuju kalau media massa membantu memajukan usaha produksi, distribusi, dan konsumsi. Tanpa media massa yang secanggih masa kini, kita mungkin masih harus menggunakan cara "primitif" dalam mempromosikan produk yang dijual. Karena itu, kita mungkin harus bersyukur dan memanfaatkan kemajuan media massa yang kini sudah membantu kita menjalankan bisnis. 'Menjamurnya' bisnis online shop yang kebanyakan dijalankan oleh remaja yang bahkan masih duduk di bangku SMA membuktikan bahwa perkembangan media massa mendukung berjalannya komunikasi massa dan menjadi dampak positif bagi masyarakat asal digunakan secara positif juga ya :D

No comments:

Post a Comment